Kabar Seputar Teknologi

Teknologi Penginderaan 3D Hanya Akan Digunakan Beberapa Smartphone Saja

0

Sejauh ini perkembangan teknologi pada perangkat smartphone dengan yang bisa dikatakan tercanggih untuk saat ini masih diduduki oleh produsen Apple dengan teknologi penginderaan 3D yang telah di uji coba oleh mereka pada perangkat iPhone.

Sejatinya penggunaan teknologi penginderaan 3D untuk smartphone perlu melalui tahap pengembangan sebelum teknologi tersebut resmi di luncurkan atau digunakan pada perangkat ponsel android. Seperti pada asumsi sebelumnya mengenai teknologi canggih ini cukup mendatangkan perbincangan yang menarik karena banyak kalangan yang berasumsi kalau teknologi yang diterapkan Apple pada perangkatnya itu akan menjadi teknologi yang populer di waktu mendatang dan tidak sedikit pula para pabrikan smartphone untuk menanamkanya pada smartphone garapannya.

Cukup disayangkan teknologi yang digadang-gadang bakal menjadi tren baru di awal tahun 2018 untuk jagat smartphone nampaknya tidak akan terjadi, dimana laporan terbaru yang mengatakan hanya sedikit smartphone yang menghadirkan teknologi Face ID, itu pun statusnya terbatas karena hanya ponsel dengan OS Android saja yang bisa menjalankan sistem teknologi tersebut.

Untuk dapat menyematkan teknologi tersebut pada perangkat smartphone tentu bukan perkara yang mudah karena melalui proses yang panjang dan teknologi yang mendukung serta faktor biaya yang dibutuhkan untuk teknologi tersebut tidaklah sedikit sehingga faktor ini pula yang menjadi penyebab teknologi penginderaan 3D tidak dapat diterapkan disemua smartphone.

Saat ini industri perangkat keras yang ahli dalam bidang teknologi asal Tiongkok itu masih sibuk menghabiskan produk teknologi garapanya yang masih ada, sehingga rencana untuk membuat teknologi baru pun harus ditunda begitupun rencana untuk menggarap  teknologi penginderaan 3D sepertinya akan mangkrak.

Beberapa produsen teknologi sangat tertarik mengembangkan lebih jauh untuk teknologi Face ID salah satunya Qualcomm yang di isukan sedang ada perbincangan yang serius secara tertulis dengan Himax Technologies dan Truly Opto-electronics yang tentu akan berujung pada kerjasama dalam menggarap penginderaan 3D. Kabarnya teknologi tersebut akan dijual pada beberapa produsen smartphone di Tiongkok seperti Oppo dan Xiaomi selebihnya dipastikan bakal digunakan oleh vendor lain.

Namun tidak sedikit beberapa vendor yang masih fokus dengan inovasi mereka mengembangkan teknologi AI agar lebih maksimal lagi mengingat saat ini teknologi tersebut mungkin masih belum sepenuhnya sempurna. Begitu juga dengan Voice interface dan perekam video serta aplikasi IoT teknologi kecerdasan buatan yang masih terus di kembangkan.

MediaTek dan Qualcomm adalah perusahaan developer di teknologi kecerdasan buatan salah satunya teknologi AI. Dengan demikian besar kemungkinan teknologi tersebut dapat diterapkan pada semua smartphone baru akan terjadi pada pertengahan tahun 2018.

Baca Berita Terbaru : Alcatel 3C Resmi Diperkenalkan Dengan Layar 6″ Harga 1 Jutaan

Leave A Reply

Your email address will not be published.